Selasa, 07 Januari 2014

Jika Istrimu Seorang Guru Sejarah

Kamu tahu bagaimana rasanya berurusan dengan masa lalu setiap harinya??? Bukan Cuma masa lalu, tapi murid-murid yang setiap harinya harus ku ajari tentang semua masa lalu tersebut. Ya, Sejarah , itulah pekerjaanku, guru Sejarah. Masih baik jika murid-murid menganggap sejarah itu adalah pelajaran yang sangat mudah dan seru, karena tidak sedikit murid yang menganggap bahwa sejarah adalah pelajaran yang sangat membosankan dan menganggap remeh. Disitulah kesabaran dan ketekunanku diuji. Aku harus terus mengajari mereka sampai bisa.
Guru Sejarah adalah calon ibu yang baik bagi anak-anaknya. Guru adalah orang yang mengerti banyak tentang pendidikan, kamu tak perlu khawatir tentang kecerdasan anak-anak kita, karena aku akan mengajarkan banyak hal terhadap mereka. Apalagi tentang sejarah, aku akan membuat mereka menjadi orang yang berprestasi dan berintelektual tinggi. Tak hanya itu, ilmu agama in sya Allah juga akan aku ajari dengan baik. Karena kamu tahu kan, ¾ isi Al-Quran itu adalah Sejarah. In sya Allah..dengan bekal ilmu yang aku pelajari aku akan mengajarkan mereka tentang banyak hal terutama Sejarah nabi-nabi dan agama kita tentunya.

Tak hanya dari sisi pendidikan, tapi juga dari sisi logika, strategi dan perencanaan yang matang untuk masa depan anak-anaknya. Jika kamu memilih aku sebagai istrimu, aku yakin kamu tak akan kecewa, kamu akan aku ajari bagaimana berpikir secara historis seperti halnya menemukan kausalitas (hubungan sebab-akibat) dalam Sejarah. Kamu akan aku ajak memecahkan masalah dengan santai, singkat dan menggunakan apa yang kita miliki seadanya seperti halnya ketika aku menguraikan soal sejarah  yang hanya diketahui heuristik (menghimpun jejak-jejak sejarah) dan metodologinya saja. Dan kamu akan aku ajak berpikir dengan metodologi sejarah ketika menghadapi permasalahan hidup ini seperti halnya aku menguraikan soal sejarah dan hukum sebab akibat dari kejadian sejarah tersebut.

Kamu juga tak perlu khawatir aku terlalu sibuk mengurusi anak-anak orang lain di sekolah, karena seperti yang kamu tahu, guru itu jam mengajarnya kebanyakan dari pagi sampai siang. Kamu juga tak perlu risau, jika ada yang menawari aku untuk mengajar tambahan sore harinya, aku akan berpikir puluhan kali untuk menerimanya, karena aku juga punya tanggung jawab penuh untuk mengurusimu dan anak-anak kita di rumah.


Guru seperti aku akan mengajarkan banyak ilmu kedisiplinan untuk keluarga, karena aku sudah terbiasa dengan disiplin. Disiplin waktu, tempat dan sebagainya. Jadi kamu tak perlu khawatir bangun kesiangan, karena ada aku yang siap menjadi alarm untuk membangunkanmu. Kamu tak perlu khawatir kalau rumah berantakan, karena aku sadar betul bahwa kenyamanan rumah adalah hal yang penting yang harus aku urus.

Jadi, siapkah kamu untuk masuk ke dalam keajaiban dunia Sejarah bersamaku???
^_^ - Dewi Setyawati - FKIP Sejarah Universitas Sriwijaya 2011 (@destya11 in twitter)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar